ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN PT
GRAMEDIA ASRI MEDIA
Manajemen Strategi
Manajemen Strategi
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Perkembangan dunia
usaha di era globalisasi ini sangatlah pesat, persaingan antar perusahan dengan
kompetitor semakin ketat. Apalagi kemajuan teknologi yang sangat mendukung
kemajuan dan kesuksesan suatu usaha. Untuk menjadi yang terbaik sebuah
perusahaan tidak akan pernah lepas dari pemasaran. Pemasaran modern tidak hanya
sekedar memasarkan produknya yang bagus, menetapkan harga yang menarik dan
membuat produk terjangkau oleh konsumen, tetapi perusahaan juga harus
berkomunikasi dengan konsumen. Komunikasi tersebut dapat dilakukan perusahaan
melalui kegiatan promosi.
Tak bisa dipungkiri
bahwa distribusi merupakan mata rantai yang lemah dalam dunia bisnis di
Indonesia. Penerbit dan percetakan saja tidaklah cukup untuk dapat
mendistribusikan produk secara merata ke seluruh pelosok tanah air. Itulah sebabnya
Kelompok Kompas - Gramedia (KKG) mendirikan jaringan toko buku, dengan maksud
memperkuat penyebaran produk, tanpa berkeinginan untuk lepas dari jaringan
distribusi yang ada.
Dalam kasus ini,
penyusun mengambil studi kasus pada PT Gramedia Asri Media untuk dianalisis
bagaimana pihak manajemen melakukan strateginya. Dibawah ini akan dibahas
bagaimana kegiatan manajemen strategiknya.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa visi, misi dan
strategi PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
2. Bagaimana
pengembangan visi, misi PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
3. Mengidentifikasi
peluang dan tantangan ?
4. Apa saja kelemahan
dan kekuatan External/Internal dari PT.
GRAMEDIA ASRI MEDIA?
5. Bagaimana analisis
SWOT nya ?
6. Apa rekomendasi Strategi
Global spesifik dan tujuan jangka panjang untuk PT. GRAMEDIA ASRI
MEDIA?
7. Apa spesifikasi Global
Strategi yang bisa diterapkan pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
8. Bagaimana
rekomendasi tujuan tahunan yang spesifik pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
BAB 2
PEMBAHASAN
1. IDENTIFIKASI
MISI, VISI, TUJUAN DAN STRATEGI PERUSAHAAN
A. VISI
Turut
berpartisipasi dalam pengembangan intelektual bangsa dengan menyebarkan ilmu
pengetahuan dan informasi melalui model retail
yang berbeda dan pendistribusian buku, ATK, dan produk multimedia, ditandai
dengan pelayanan yang terbaik, manajemen yang proaktif, dan perilaku bisnis
yang tepat.
MISI
1. Untuk menjadi agent of change di
dalam masyarakat yang pluralistic.
2.
Untuk menjadi pemimpin di dalam
retail dan distribusi ilmu pengetahuan, informasi dan infotainment berbasis
media.
3.
Untuk menyediakan produk-produk yang
canggih, inovatif, dan berorientasi pasar
B. STRATEGI PERUSAHAAN
Strategi
pemasaran pada Toko Buku Gramedia meliputi empat bauran yaitu, produk, harga,
distribusi dan promosi. Penerapan strategi produk pada Toko Buku Gramedia
dilakukan merlalui diversivikasi dan diferensiasi produk yang dimiliki. Selain
itu, pengadaan produk, proses produksi dan display produk juga menjadi bagian
dalam strategi produk yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia.
Penerapan
strategi harga pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui faktor-faktor yang
mempengaruhi penetapan harga suatu produk. Jenis-jenis harga yang digunakan,
metode serta penetapan harga juga menjadi bagian dalam penetapan harga pada
toko buku ini.
Penerapan strategi distribusi pada Toko Buku
Gramedia dimulai dari lokasi pendirian perusahaan yang strategis berada di
pusat kota. Sedangkan saluran distribusi yang digunakan adalah saluran
distribusi tidak langsung dan saluran distribusi langsung.
Penerapan
strategi promosi pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui media promosi
periklanan berupa pemasangan spanduk dan pembagian brosur, promosi penjualan
melalui diskon, bursa buku murah, dan kupon berhadiah. Sedangkan media promosi
penjualan pribadi dan publisitas berupa promo happy hour, persentasi tidak
langsung terhadap konsumen.
2. PENGEMBANGAN
VISI MISI
Visi
yang dinyatakan oleh toko buku gramedia sudah mencerminkan dan menggambarkan
tujuan atau impian yang ingin dicapai perusahaan baik dalam jangka pendek
maupun dalam jangka panjang sehingga menurut kelompok kami tidak ada yang perlu
dirubah dalam visi maupun misi toko buku gramedia.
Menurut
pearce dan Robinson (2005) menyebutkan bahwa pernyataan misi yang dibuat
perusahaan setidak-tidaknya mengandung tiga koponen yaitu:
1. Sensitivitas terhadap keinginan
pelanggan.
Pada misi toko buku gramedia sudah
mencantumkan makna keinginan pelanggan yang membutuhkan produk-produk ilmu
pengetahuan yang luas, inovatif dan unggul.
2. Perhatian terhadap masalah mutu dan
kualitas.
Pada misi toko buku gramedia secara
eksplisit telah menggambarkan untuk selalu memperbaharui mutu dan kualitasnya
dengan berosientasi pada pasa dan teknologi yang semakin berkembang pada era
modern saat ini.
3. Pernyataaan visi perusahaan
Visi ini dimaknai bahwa Gramedia,
tidak hanya memiliki orientasi usaha pada surat kabar atau toko buku
saja. Namun, terkait dengan industri pengetahuan. Hal ini mengarahkan pada
kompetensi yang dimiliki oleh Gramedia untuk menguatkan pada bisnis pengetahuan
yaitu dengan menyediakan prduk buku, stationerry, dsb yang berorientasi pada
pasar, memberikan layanan unggul kepada pelanggan dan mitra kerja, melakukan
inovasi bisnis, melakukan kegiatan bisnis
dengan perilaku yang bersih
David (2007:64) memperluas komponen
misi dengan menyebutkan bahwa terdapat Sembilan karakteristik yang harus
terangkum dalam suau misi perusahaan, dank arena misi perusahaan merupakan
bagian dari proses strategic management yang akan dipublikasi kepada
masyarakat, maka misi perusahaan sebaiknya mencakup kesembilan komponen pokok
tersebut, yang terdiri dari:
1. Customer – secara tertulis pada misi
gramedia sudah menyebutkan siapa yang menjadi pelanggan bagi produknya.
2. Product or services - pada misi gramedia telah disebutkan yaitu
untuk menjadi pemimpin di dalam reatail dan distribusi ilmu pengetahuan, maka
telah jelas disebutkan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
3. Markets - pada misi gramedia telah disebutkan pada
pasar dan distribusi ilmu pengetahuanlah perusahaan akan bersaing.
4. Technology – pernyataan misi
gramedia telah menentukan arah pengembangan teknologi yang canggih dan
berorientasi pada pasar.
5. Concern for survival, growth and
profitability – pernyataan misi gramedia secara eksplisit telah menyatakan
komitmen perusahaan terhadap kelangsungan hisup perusahaan, pertumbuhan dan
kemampuan untuk menghasilkan laba dengan selalu menyediakan produk yang
canggih, inovatif dan berorientasi pada pasar.
6. Philosophy - pada misi gramedia belum menjelaskan
kepercayaan, nilai, aspirasi, dan prioritas etis dari perusahaan.
7. Self-cocept – dalam pernyataan misi
gramedia telah dijelaskan apa yang menjadi kompetensi unggulan dari perusahaan
disbanding pesaingnya yaitu berupa pendistribusian ilmu pengetahuan, informasi
dan infotainment yang berbasis media.
8. Concern for public image – pada
pernyataan visi gramedia belum dijelaskan mengenai perusahaan yang memiliki
respon terhadap masalah-masalah social kemasyarakatan maupun tearhadap masalah
lingkungan. Sebaiknya perusahaan juga mencantumkan adanya program CSR yang bisa
merespon masalah social masyarakat.
9. Concern for employees – pada misi
gramedia belum menunjukkan apakah karyawan merupakan aset yang beerharga bagi
perusahaan. Sebaiknya perusahaan memcantumkan kepeduliaannya terhadap karyawan
sehingga karyawan merasa dihargai.
3. IDENTIFIKASI
PELUANG DAN ANCAMAN EKSTERNAL PERUSAHAAN
A. PELUANG
Ø Toko Gramedia dapat memperluas jaringan hingga ke kota-kota
kecil
Ø Dapat mengembangkan bisnisnya seperti menjual barang
elektronik
Ø Dapat menarik penulis atau penerbit dalam negeri untuk
meningatkan kegemaran menulis dan membaca di Indonesia
Ø Sering mengadakan even book fair untuk meningkatkan
penjualan
Ø Lebih meningkatkan lagi pelayanan
B. ANCAMAN
Ø Harga buku bajakan lebih murah di banding harga buku di
Gramedia
Ø Persaingan dengan toko lain yang menawarkan beberapa
fasilitas
Ø Persaingan perusahaan buku secara online ( amazon.com ,
kaskus.com )
4. IDENTIFIKASI
KEKUATAN DAN KELEMAHAN EXTERNAL PERUSAHAAN
A. KEKUATAN
Ø Memiliki jaringan yang luas
Ø Memiliki koneksi dengan penerbit terkenal di dalam dan luar
negeri
Ø Memiliki koleksi buku yang cukup lengkap
Ø Menjual barang-barang selain buku seperti ATK
Ø Toko luas dan nyaman
Ø Tersedia tempat parkir yang luas
Ø Pelayanan yang ramah dari karyawan
Ø Memiliki fasilitas pelayanan pemesanan buku secara online
Ø Sangat selektif dalam menjalin kerjasama dengan supplier
Ø Memiliki beberapa anak perusahaan
B. KELEMAHAN
Ø Toko hanya ada di kota-kota besar
Ø Harga relatif mahal
Ø Harga buku impor tergantung kurs dolar
Ø Toko buku Gramedia kurang menyediakan tempat baca yang
nyaman
5. ANALISIS
SWOT
STRENGTH
|
WEAKNESS
|
|
S1 Memiliki jaringan yang luas
S2.
Memiliki koneksi dengan penerbit terkenal di dalam dan luar negeri
S3.
Memiliki koleksi buku yang cukup lengkap
S4.
Menjual barang-barang selain buku seperti ATK
S4.
Toko luas dan nyaman
S5.
Tersedia tempat parkir yang luas
S6.
Pelayanan yang ramah dari karyawan
S7.
Memiliki fasilitas pelayanan pemesanan buku secara online
S8.
Sangat selektif dalam menjalin kerjasama dengan supplier
S9.
Memiliki beberapa anak perusahaan
|
W1.
Toko hanya ada di kota-kota besar
W2.
Harga relatif mahal
W3.
Harga buku impor tergantung kurs dolar
W4.
Toko buku Gramedia kurang menyediakan tempat baca yang nyaman
|
|
OPPORTUNITY
|
SO
|
WO
|
O 1. Toko Gramedia dapat memperluas jaringan
hingga ke kota-kota kecil
O 2. Dapat mengembangkan bisnisnya seperti
menjual barang elektronik
3. Dapat menarik penulis atau penerbit
dalam negeri untuk meningatkan kegemaran menulis dan membaca di Indonesia
4. Sering mengadakan even book fair
untuk meningkatkan penjualan
5. Lebih meningkatkan lagi pelayanan
|
1. Meningkatkan kualitas pelayanan
dengan cepat dan tanggap terhadap keluhan konsumen
2. Lebih banyak menyediakan buku-buku
dari penerbit dan penulis dalam negeri agar lebih meningkatkan kegemaran
menulis dan membaca pada masyarakat.
3. Menjual barang elektronik seperti
laptop dan computer.
|
1. Membagun jaringan toko dikota-kota
kecil di Indonesia
2. Mengadakan event book fair secara
berkala.
|
THREAT
|
ST
|
WT
|
T1.
Harga buku bajakan lebih murah di banding harga buku di Gramedia
T2.
Persaingan dengan toko lain yang menawarkan beberapa fasilitas
T3.
Persaingan perusahaan buku secara online ( amazon.com, kaskus.com )
|
1. Meningkatkan promosi agar
masyarakat mengetahui berbagai fasilitas di gramedia
2. Penggalakan stop buku bajakan.
|
1. Lebih banyak menawarkan diskon.
2. Menyediakan tempat baca yang aman
dan nyaman
3. Meningkatkan pelayanan pemesanan
buku secara online untuk menjangkau daerah-daerah kecil diindonesia.
|
6. REKOMENDASI
STRATEGI GLOBAL SPESIFIK DAN TUJUAN JANGKA PANJANG
Strategi spesifik dan tujuan jangka panjang sendiri dapat
diartikan sebagai strategi yang digunakan perusahaan dan tujuan besar yang
ingin di capai oleh suatu perusahaan, ini bisa dikatakan sebagai pondasi arah
perkembangan perusahaan tersebut. Adapun rekomendasi strategi spesifik dan
tujuan jangka panjang yang kelompok kita ajukan pada Kompas Gramedia sebagai
berikut :
a. Rekomendasi strategi spesifik.
- Memperluas jaringan
toko buku tidak hingga ke kota-kota kecil ini sebagai bentuk market penetration
dan market development.
- Mengkonsep toko
menjadi toko baca yg senyaman mungkin untuk pelanggan.
- Lebih gencar lagi
promosi toko buku online gramedia.
b. Rekomendasi tujuan jangka panjang.
Tujuan jangka
panjang merupakan pernyataan dari hasil yang ingin dicapai oleh suatu
perusahaan dalam periode tertentu yang umumnya tiga sampai lima tahun atau bisa
lebih, untuk mencapai kemakmuran jangka panjang. Cara untuk mencapai tujuan
jangka panjang ialah dengan menjalankan program-program yang sudah menjadi
strategi perusahaan dengan berpatokan dengan visi sebagai cita-cita yang ingin
dicapai oleh perusahaan. Gramedia bisa dikatan sebagai market leader dalam
industri toko buku di Indonesia. Indikator ini menujukan bahwa strategi yang di
gunakan perusahaan sudah bagus, tetapi untuk ke depan mempertahankan dan
memperkuat citra gramedia di benak konsumen adalah hal yang harus terus
dilakukan oleh Gramedia, selain itu juga harus terus memberikan pelayanan yang
terbaik dan kemudahan kepada konsumen.
7. SPESIFIKASI
BAGAIMANA PENERAPAN GLOBAL STRATEGI.
Global Strategi yang kami ajukan untuk perusahaan gramedia
dapat deterapkan dengan cara sebagai berikut :
- Memperluas jaringan
toko buku tidak hingga ke kota-kota kecil ini sebagai bentuk market penetration
dan market development. Gramedia sudah mempunyai kekuatan untuk dapat melakukan
hal ini karena Gramedia sendiri sudah terdapat di hampir seluruh kota besar yang
ada di Indonesia. Hal ini di dasari oleh karakteristik konsumen yang umumnya
tidak ingin ribet dan diharapkan nantinya dapat sebegai pengembangan pasar yang
sudah ada. Sehingga gramedia harus mengetahui lokasi-lokasi strategis yang ada
di kota-kota kecil. Harus ada riset terlebih dahulu sebelum membuka cabang di
kota-kota kecil.
- Mengkonsep toko
menjadi toko baca yg senyaman mungkin untuk pelanggan. Konsep toko ini
bertujuan untuk memberikan pengalaman lebih pada konsumen yang datang berkunjung
ke Gramedia. Hal ini diharapkan meningkatkan keterikatan atau relation antara
Gramedia dengan pelanggan. Membuat desain yang menarik, memiliki desain yang
eksklusif yang menjadikannya berbeda dan berkelas. Desain rak model baru dan
interior yang dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Serta
memajang tidak hanya buku bacaan, juga menyediakan alat tulis kantor serta
keperluan sekolah bagi siswa dan mahasiswa. Selain itu juga toko buku ini
menjual peralatan olah raga, aksesoris seperti dompet, tas, frame foto dan
masih banyak lagi yang lainnya.
- Lebih gencar lagi
promosi toko buku online gramedia. Jaman sekarang itu jamannya online. Gramedia
pun tak ketinggalan untuk membuat toko buku online. Akan tetapi kurangnya
promosi membuat konsumen tidak banyak yang tahu. Hal ini dapat dilakukan dengan
membuat team khusus promosi online baik sosmed maupun media internet lainnya.
8. REKOMENDASI TUJUAN
TAHUNAN.
- Dalam menjual
produknya perusahaan harus memiliki target yang ingin di capai dalam per
tahunnya. Target ini nantinya sebagai review kinerja dan patokan terget serta
strategi yang akan di gunakan di tahun berikutnya.
- Perusahaan harus
mempunyai prioritas dalam mengalokasikan sumberdaya nya.
BAB 3
KESIMPULAN
Visi toko buku gramedia sudah sangat baik untuk dijadikan
pedoman bagi tujuan perusahaan. Visi ini pun didukung oleh misi yang tercantum
diatas sehingga dalam perwujudan visi pun mudah untuk diterapkan dalam realita
saat ini. Toko Buku Gramedia pun menerapkan strategi yang baik dalam mempertahankan bisnisnya, seperti
jaringan yang luas, tempat yang luas dan nyaman, kualitas buku yang baik dan
lain sebagainya. Akan tetapi Toko Buku Gramedia juga memiliki kelemahan,
ancaman, dan
DAFTAR PUSTAKA
Solihin, Ismail, 2012, Manajemen Strategik, Bandung, Erlangga
M.
Husni Mubarok, Manajemen Strategi,
Kudus: STAIN Kudus, 2009
Perusahaan apapun bidang usaha sekarang ini jika tidak menerapkan teknologi akan sulit bersaing dalam dunia usaha terlebih jika mereka bergerak pada bidang jasa atau menjual produk dengan memiliki website yang SEO Friendly.
ReplyDeleteterimakasih telah berbagi proposal seputar analisis masalah strategi perusahaan, ilmu yang pasti dibutuhkan bagi banyak orang, terutama yang berkecimpung di dunia bisnis, sangat bermanfaat...
ReplyDeleteAplikasi Kasir di Android