Pages

Subscribe:

Link

Monday, 26 February 2018

Analisis Masalah Strategi Perusahaan



ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN PT GRAMEDIA ASRI MEDIA
 Manajemen Strategi  
 
BAB 1
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Perkembangan dunia usaha di era globalisasi ini sangatlah pesat, persaingan antar perusahan dengan kompetitor semakin ketat. Apalagi kemajuan teknologi yang sangat mendukung kemajuan dan kesuksesan suatu usaha. Untuk menjadi yang terbaik sebuah perusahaan tidak akan pernah lepas dari pemasaran. Pemasaran modern tidak hanya sekedar memasarkan produknya yang bagus, menetapkan harga yang menarik dan membuat produk terjangkau oleh konsumen, tetapi perusahaan juga harus berkomunikasi dengan konsumen. Komunikasi tersebut dapat dilakukan perusahaan melalui kegiatan promosi.
Tak bisa dipungkiri bahwa distribusi merupakan mata rantai yang lemah dalam dunia bisnis di Indonesia. Penerbit dan percetakan saja tidaklah cukup untuk dapat mendistribusikan produk secara merata ke seluruh pelosok tanah air. Itulah sebabnya Kelompok Kompas - Gramedia (KKG) mendirikan jaringan toko buku, dengan maksud memperkuat penyebaran produk, tanpa berkeinginan untuk lepas dari jaringan distribusi yang ada.
Dalam kasus ini, penyusun mengambil studi kasus pada PT Gramedia Asri Media untuk dianalisis bagaimana pihak manajemen melakukan strateginya. Dibawah ini akan dibahas bagaimana kegiatan manajemen strategiknya.
B.       RUMUSAN MASALAH
1.    Apa visi, misi dan strategi PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
2.    Bagaimana pengembangan visi, misi PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
3.    Mengidentifikasi peluang dan tantangan ?
4.    Apa saja kelemahan dan kekuatan  External/Internal dari PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA?
5.    Bagaimana analisis SWOT nya ?
6.    Apa rekomendasi Strategi Global spesifik dan tujuan jangka panjang untuk PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA? 
7.  Apa spesifikasi Global Strategi yang bisa diterapkan pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA? 
8.  Bagaimana rekomendasi tujuan tahunan yang spesifik pada PT. GRAMEDIA ASRI MEDIA? 
BAB 2
PEMBAHASAN

1.      IDENTIFIKASI MISI, VISI, TUJUAN DAN STRATEGI PERUSAHAAN

A.    VISI
Turut berpartisipasi dalam pengembangan intelektual bangsa dengan menyebarkan ilmu pengetahuan dan informasi melalui model retail yang berbeda dan pendistribusian buku, ATK, dan produk multimedia, ditandai dengan pelayanan yang terbaik, manajemen yang proaktif, dan perilaku bisnis yang tepat.

MISI
1.      Untuk menjadi agent of change di dalam masyarakat yang pluralistic.
2.      Untuk menjadi pemimpin di dalam retail dan distribusi ilmu pengetahuan, informasi dan infotainment berbasis media.
3.      Untuk menyediakan produk-produk yang canggih, inovatif, dan berorientasi pasar

B.     STRATEGI PERUSAHAAN
Strategi pemasaran pada Toko Buku Gramedia meliputi empat bauran yaitu, produk, harga, distribusi dan promosi. Penerapan strategi produk pada Toko Buku Gramedia  dilakukan merlalui diversivikasi dan diferensiasi produk yang dimiliki. Selain itu, pengadaan produk, proses produksi dan display produk juga menjadi bagian dalam strategi produk yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia. 
Penerapan strategi harga pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga suatu produk. Jenis-jenis harga yang digunakan, metode serta penetapan harga juga menjadi bagian dalam penetapan harga pada toko buku ini.
 Penerapan strategi distribusi pada Toko Buku Gramedia dimulai dari lokasi pendirian perusahaan yang strategis berada di pusat kota. Sedangkan saluran distribusi yang digunakan adalah saluran distribusi tidak langsung dan saluran distribusi langsung.
Penerapan strategi promosi pada Toko Buku Gramedia dilakukan melalui media promosi periklanan berupa pemasangan spanduk dan pembagian brosur, promosi penjualan melalui diskon, bursa buku murah, dan kupon berhadiah. Sedangkan media promosi penjualan pribadi dan publisitas berupa promo happy hour, persentasi tidak langsung terhadap konsumen.

2.      PENGEMBANGAN VISI MISI
Visi yang dinyatakan oleh toko buku gramedia sudah mencerminkan dan menggambarkan tujuan atau impian yang ingin dicapai perusahaan baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang sehingga menurut kelompok kami tidak ada yang perlu dirubah dalam visi maupun misi toko buku gramedia.
Menurut pearce dan Robinson (2005) menyebutkan bahwa pernyataan misi yang dibuat perusahaan setidak-tidaknya mengandung tiga koponen yaitu:
1.      Sensitivitas terhadap keinginan pelanggan.
Pada misi toko buku gramedia sudah mencantumkan makna keinginan pelanggan yang membutuhkan produk-produk ilmu pengetahuan yang luas, inovatif dan unggul.
2.      Perhatian terhadap masalah mutu dan kualitas.
Pada misi toko buku gramedia secara eksplisit telah menggambarkan untuk selalu memperbaharui mutu dan kualitasnya dengan berosientasi pada pasa dan teknologi yang semakin berkembang pada era modern saat ini.
3.      Pernyataaan visi perusahaan
Visi ini dimaknai bahwa Gramedia, tidak hanya memiliki orientasi usaha pada  surat kabar atau toko buku saja. Namun, terkait dengan industri pengetahuan. Hal ini mengarahkan pada kompetensi yang dimiliki oleh Gramedia untuk menguatkan pada bisnis pengetahuan yaitu dengan menyediakan prduk buku, stationerry, dsb yang berorientasi pada pasar, memberikan layanan unggul kepada pelanggan dan mitra kerja, melakukan inovasi bisnis,  melakukan kegiatan bisnis dengan perilaku yang bersih

David (2007:64) memperluas komponen misi dengan menyebutkan bahwa terdapat Sembilan karakteristik yang harus terangkum dalam suau misi perusahaan, dank arena misi perusahaan merupakan bagian dari proses strategic management yang akan dipublikasi kepada masyarakat, maka misi perusahaan sebaiknya mencakup kesembilan komponen pokok tersebut, yang terdiri dari:
1.      Customer – secara tertulis pada misi gramedia sudah menyebutkan siapa yang menjadi pelanggan bagi produknya.
2.      Product or services -  pada misi gramedia telah disebutkan yaitu untuk menjadi pemimpin di dalam reatail dan distribusi ilmu pengetahuan, maka telah jelas disebutkan produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
3.   Markets -  pada misi gramedia telah disebutkan pada pasar dan distribusi ilmu pengetahuanlah perusahaan akan bersaing.
4.     Technology – pernyataan misi gramedia telah menentukan arah pengembangan teknologi yang canggih dan berorientasi pada pasar.
5.  Concern for survival, growth and profitability – pernyataan misi gramedia secara eksplisit telah menyatakan komitmen perusahaan terhadap kelangsungan hisup perusahaan, pertumbuhan dan kemampuan untuk menghasilkan laba dengan selalu menyediakan produk yang canggih, inovatif dan berorientasi pada pasar.
6.      Philosophy -  pada misi gramedia belum menjelaskan kepercayaan, nilai, aspirasi, dan prioritas etis dari perusahaan.
7.      Self-cocept – dalam pernyataan misi gramedia telah dijelaskan apa yang menjadi kompetensi unggulan dari perusahaan disbanding pesaingnya yaitu berupa pendistribusian ilmu pengetahuan, informasi dan infotainment yang berbasis media.
8.      Concern for public image – pada pernyataan visi gramedia belum dijelaskan mengenai perusahaan yang memiliki respon terhadap masalah-masalah social kemasyarakatan maupun tearhadap masalah lingkungan. Sebaiknya perusahaan juga mencantumkan adanya program CSR yang bisa merespon masalah social masyarakat.
9.      Concern for employees – pada misi gramedia belum menunjukkan apakah karyawan merupakan aset yang beerharga bagi perusahaan. Sebaiknya perusahaan memcantumkan kepeduliaannya terhadap karyawan sehingga karyawan merasa dihargai.

3.      IDENTIFIKASI PELUANG DAN ANCAMAN EKSTERNAL PERUSAHAAN
A.    PELUANG
Ø  Toko Gramedia dapat memperluas jaringan hingga ke kota-kota kecil
Ø  Dapat mengembangkan bisnisnya seperti menjual barang elektronik
Ø  Dapat menarik penulis atau penerbit dalam negeri untuk meningatkan kegemaran menulis dan membaca di Indonesia
Ø  Sering mengadakan even book fair untuk meningkatkan penjualan
Ø  Lebih meningkatkan lagi pelayanan
B.     ANCAMAN
Ø  Harga buku bajakan lebih murah di banding harga buku di Gramedia
Ø  Persaingan dengan toko lain yang menawarkan beberapa fasilitas
Ø  Persaingan perusahaan buku secara online ( amazon.com , kaskus.com )

4.      IDENTIFIKASI KEKUATAN DAN KELEMAHAN EXTERNAL PERUSAHAAN
A.    KEKUATAN
Ø  Memiliki jaringan yang luas
Ø  Memiliki koneksi dengan penerbit terkenal di dalam dan luar negeri
Ø  Memiliki koleksi buku yang cukup lengkap
Ø  Menjual barang-barang selain buku seperti ATK
Ø  Toko luas dan nyaman
Ø  Tersedia tempat parkir yang luas
Ø  Pelayanan yang ramah dari karyawan
Ø  Memiliki fasilitas pelayanan pemesanan buku secara online
Ø  Sangat selektif dalam menjalin kerjasama dengan supplier
Ø  Memiliki beberapa anak perusahaan

B.     KELEMAHAN
Ø  Toko hanya ada di kota-kota besar
Ø  Harga relatif mahal
Ø  Harga buku impor tergantung kurs dolar
Ø  Toko buku Gramedia kurang menyediakan tempat baca yang nyaman

5.      ANALISIS SWOT

STRENGTH
WEAKNESS
S1  Memiliki jaringan yang luas
S2. Memiliki koneksi dengan penerbit terkenal di dalam dan luar negeri
S3. Memiliki koleksi buku yang cukup lengkap
S4. Menjual barang-barang selain buku seperti ATK
S4. Toko luas dan nyaman
S5. Tersedia tempat parkir yang luas
S6. Pelayanan yang ramah dari karyawan
S7. Memiliki fasilitas pelayanan pemesanan buku secara online
S8. Sangat selektif dalam menjalin kerjasama dengan supplier
S9. Memiliki beberapa anak perusahaan
W1. Toko hanya ada di kota-kota besar
W2. Harga relatif mahal
W3. Harga buku impor tergantung kurs dolar
W4. Toko buku Gramedia kurang menyediakan tempat baca yang nyaman
OPPORTUNITY
SO
WO
O  1. Toko Gramedia dapat memperluas jaringan hingga ke kota-kota kecil
O  2. Dapat mengembangkan bisnisnya seperti menjual barang elektronik
     3. Dapat menarik penulis atau penerbit dalam negeri untuk meningatkan kegemaran menulis dan membaca di Indonesia
     4. Sering mengadakan even book fair untuk meningkatkan penjualan
     5. Lebih meningkatkan lagi pelayanan
1.      Meningkatkan kualitas pelayanan dengan cepat dan tanggap terhadap keluhan konsumen
2.      Lebih banyak menyediakan buku-buku dari penerbit dan penulis dalam negeri agar lebih meningkatkan kegemaran menulis dan membaca pada masyarakat.

3.      Menjual barang elektronik seperti laptop dan computer.
1.      Membagun jaringan toko dikota-kota kecil di Indonesia

2.      Mengadakan event book fair secara berkala.
THREAT
ST
WT
T1. Harga buku bajakan lebih murah di banding harga buku di Gramedia
T2. Persaingan dengan toko lain yang menawarkan beberapa fasilitas
T3. Persaingan perusahaan buku secara online ( amazon.com, kaskus.com )
1.      Meningkatkan promosi agar masyarakat mengetahui berbagai fasilitas di gramedia
2.      Penggalakan stop buku bajakan.
1.      Lebih banyak menawarkan diskon.
2.      Menyediakan tempat baca yang aman dan nyaman

3.      Meningkatkan pelayanan pemesanan buku secara online untuk menjangkau daerah-daerah kecil diindonesia.

6.      REKOMENDASI STRATEGI GLOBAL SPESIFIK DAN TUJUAN JANGKA PANJANG
Strategi spesifik dan tujuan jangka panjang sendiri dapat diartikan sebagai strategi yang digunakan perusahaan dan tujuan besar yang ingin di capai oleh suatu perusahaan, ini bisa dikatakan sebagai pondasi arah perkembangan perusahaan tersebut. Adapun rekomendasi strategi spesifik dan tujuan jangka panjang yang kelompok kita ajukan pada Kompas Gramedia sebagai berikut :
a.      Rekomendasi strategi spesifik.
-          Memperluas jaringan toko buku tidak hingga ke kota-kota kecil ini sebagai bentuk market penetration dan market development.
-          Mengkonsep toko menjadi toko baca yg senyaman mungkin untuk pelanggan.
-          Lebih gencar lagi promosi toko buku online gramedia.
b.      Rekomendasi tujuan jangka panjang.
Tujuan jangka panjang merupakan pernyataan dari hasil yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan dalam periode tertentu yang umumnya tiga sampai lima tahun atau bisa lebih, untuk mencapai kemakmuran jangka panjang. Cara untuk mencapai tujuan jangka panjang ialah dengan menjalankan program-program yang sudah menjadi strategi perusahaan dengan berpatokan dengan visi sebagai cita-cita yang ingin dicapai oleh perusahaan. Gramedia bisa dikatan sebagai market leader dalam industri toko buku di Indonesia. Indikator ini menujukan bahwa strategi yang di gunakan perusahaan sudah bagus, tetapi untuk ke depan mempertahankan dan memperkuat citra gramedia di benak konsumen adalah hal yang harus terus dilakukan oleh Gramedia, selain itu juga harus terus memberikan pelayanan yang terbaik dan kemudahan kepada konsumen.

7.  SPESIFIKASI BAGAIMANA PENERAPAN GLOBAL  STRATEGI.
Global Strategi yang kami ajukan untuk perusahaan gramedia dapat deterapkan dengan cara sebagai berikut :
-          Memperluas jaringan toko buku tidak hingga ke kota-kota kecil ini sebagai bentuk market penetration dan market development. Gramedia sudah mempunyai kekuatan untuk dapat melakukan hal ini karena Gramedia sendiri sudah terdapat di hampir seluruh kota besar yang ada di Indonesia. Hal ini di dasari oleh karakteristik konsumen yang umumnya tidak ingin ribet dan diharapkan nantinya dapat sebegai pengembangan pasar yang sudah ada. Sehingga gramedia harus mengetahui lokasi-lokasi strategis yang ada di kota-kota kecil. Harus ada riset terlebih dahulu sebelum membuka cabang di kota-kota kecil.
-          Mengkonsep toko menjadi toko baca yg senyaman mungkin untuk pelanggan. Konsep toko ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lebih pada konsumen yang datang berkunjung ke Gramedia. Hal ini diharapkan meningkatkan keterikatan atau relation antara Gramedia dengan pelanggan. Membuat desain yang menarik, memiliki desain yang eksklusif yang menjadikannya berbeda dan berkelas. Desain rak model baru dan interior yang dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Serta memajang tidak hanya buku bacaan, juga menyediakan alat tulis kantor serta keperluan sekolah bagi siswa dan mahasiswa. Selain itu juga toko buku ini menjual peralatan olah raga, aksesoris seperti dompet, tas, frame foto dan masih banyak lagi yang lainnya.
-          Lebih gencar lagi promosi toko buku online gramedia. Jaman sekarang itu jamannya online. Gramedia pun tak ketinggalan untuk membuat toko buku online. Akan tetapi kurangnya promosi membuat konsumen tidak banyak yang tahu. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat team khusus promosi online baik sosmed maupun media internet lainnya.

8.  REKOMENDASI TUJUAN TAHUNAN.
-          Dalam menjual produknya perusahaan harus memiliki target yang ingin di capai dalam per tahunnya. Target ini nantinya sebagai review kinerja dan patokan terget serta strategi yang akan di gunakan di tahun berikutnya.
-          Perusahaan harus mempunyai prioritas dalam mengalokasikan sumberdaya nya.



BAB 3
KESIMPULAN

Visi toko buku gramedia sudah sangat baik untuk dijadikan pedoman bagi tujuan perusahaan. Visi ini pun didukung oleh misi yang tercantum diatas sehingga dalam perwujudan visi pun mudah untuk diterapkan dalam realita saat ini. Toko Buku Gramedia pun menerapkan strategi yang baik dalam mempertahankan bisnisnya, seperti jaringan yang luas, tempat yang luas dan nyaman, kualitas buku yang baik dan lain sebagainya. Akan tetapi Toko Buku Gramedia juga memiliki kelemahan, ancaman, dan




DAFTAR PUSTAKA

Solihin, Ismail,  2012, Manajemen Strategik,  Bandung, Erlangga
M. Husni Mubarok, Manajemen Strategi, Kudus: STAIN Kudus, 2009

No comments:

Post a Comment